LPDN Menemukan Banyak Keganjilan Dalam Proses Situng KPU

rikafitri, 19 May 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Jakarta - Lembaga Pemantau Demokrasi Nasional (LPDN) menemukan banyak keganjilan dalam proses Situng KPU yang masih berlangsung hingga hari ini. Bahkan publik secara luas telah banyak menemukan keanehan tersebut dan sudah tersebar secara masif. Bahkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI sendiri menyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah melanggar prosedur dalam melakukan input data ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Pernyataan Bawaslu RI tersebut seperti mengkonfirmasi atas kabar dan berita yang selama initersebar luas di masyarakat. 


Menurut temuan LPDN, kejanggalan ataupun kesalahan input tersebut ternyata tidak hanya terjadi pada penghitungan suara Pilpres saja. Tetapi juga banyak terjadi pada proses penghitungan suara pileg. Sekalipun pleno di setiap Provinsi sudah berjalan, namun masyarakat selama ini menjadikan situng sebagai alat monitor perkembangan suara calon ataupun partai yang mereka dukung. Namun apabila Situng tersebut tidak menerapkan standar teknis yang ketat dalam melakukan verifikasi dan publikasi data, jelas Situng sangat berbahaya. Kita berharap standar teknis tersebut menjadi perhatian lebih sehingga data yang tersaji dalam Situng adalah data yang benar-benar valid, dapat dipertanggungjawabkan dan sajiannya tidak menimbulkan polemik dan keresahan di dalam masyarakat. Namun fakta yang terjadi tidak demikian. 

Kami juga memantau adanya kenaikan suara  pada beberapa Partai seperti Partai Hanura dan juga PDIP. Pada Hanura kami menemukan kenaikan hingga 1,5% menjadi 3,22% sedangkan pada PDIP terdapat kenaikan 1,1% menjadi 21,1% Situng. Kenaikan ini tampak terlihat pada Situng dan bisa kita pantau bersama. Walaupun kenaikan situng di kembalikan sebagaimana aslinya sehari kemudian, tetapi Kenaikan suara pada Situng ini memang terlihat cukup ganjil. 

Karenanya kami meminta kepada KPU agar menutup Situng agar tidak menimbulkan kesimpang-siuran ditengah masyarakat. Khususnya saat ini menjelang tanggal penetapan. Menutup Situng ini adlah jalan terbaik agar tidak terjadi kegaduhan ditengah-tengah masyarakat

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu